Monday 31 July 2017

SUKSES BUDIDAYA LELE UNTUK PEMULA

Ikan lele termasuk ikan air tawar,setiap tahun permintaan akan ikan lele terus meningkat.sehingga budidaya lele menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Bagi para pemula yang ingin menekuni budidaya lele.pertama yang harus kalian persiapkan adalah pembuatan kolam.untuk kolam terserah kalian,mau kolam tanah,kolam beton atau kolam terpal.kalau lahan luas lebih baik pakai kolam tanah,tetapi kalau lahan terbatas bisa pakai kolam beton/terpal.untuk mengurangi biaya pembuatan kolam kalian bisa membuatnya pakai terpal karna lebih murah.selanjutnya kalau kolam sudah jadi kalian bisa mengisinya dengan air yang sebelumnya kolam kalian cuci bersih terlebih dulu,supaya bahan kimia yang ada di dalam kolam hilang.

Kolam kalian isi air dengan ketinggian -+40cm.kemudian kalian siapkan pupuk kandang bisa pupuk dari kotoran sapi,kambing atau ayam.setelah pupuk  siap kalian masukkan kedalam karung yang ujungnya kalian ikat.tujuannya agar kotoran tidak mengotori kolam.

Lalu kalian masukkan pupuk kandang ke kolam,Kalian diamkan selama 7 hari agar kolam cukup banyak plankton untuk makanan alami bibit lele.dengan ditandai air kolam berwarna hijau.
Setelah 7hari kalian siapkan bibit lele yang akan dibudidayakan.pilihlah bibit lele unggul bisa sortiran pertama/kedua,agar lele cepat besar...
Untuk cara memasukkan bibit lele ke kolam agar tidak stress....,kalian bisa merendamnya terlebih dahulu bibit lelenya,atau dengan cara memasukkan air kolam ke dalam plastik/wadah sedikit-sedikit agar suhu dalam air plastik/wadah sama dengan suhu air dalam kolam.masukkan bibit lele secara pelan2,miringkan wadah bibit lele dan masukkan air kolam sedikit sedikit,biarkan bibit lele keluar dari wadah dengan sendirinya.biarkan sehari bibit lele tanpa diberi pakan.karena didalam kolam masih terdapat pakan alami berupa plankton hasil fermentasi kotoran ternak.
Untuk pakan ikan,kalian beri yang peletnya kecil menyesuaikan bukaan mulut ikan.untuk jadwal pemberian pakannya 4kali sehari(pagi,siang,sore,dan malam).dan diwaktu malam pemberian pakan lebih banyak.karna ikan lele lebih aktif mencari makan di waktu malam.
Agar ikan lele tumbuh dengan cepat bisa pakai probiotik.dengan cara dicampur sama pakan dengan dosis tertentu.kasih pakan tambahan berupa keong mas,bukecot,ikan rucah atau bangkai ayam yang telah terlebih dulu dibakar.
semakin lama ikan lele akan makin besar,kalian tinggikan air kolam  60-100cm secara bertahap dan pemberian pakan pelet di perbanyak.
Bibit ikan lele ukuran 5-7cm biasanya membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk siap panen.cara panennya kalian tinggal buka paralon pembuangan airnya dan kalian ambil/saring ikan lelenya.

Demikianlah cara budidaya ikan lele yang mudah untuk para pemula.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang ingin budidaya ikan lele.
Jangan lupa kunjungi artikel berikutnya... 

No comments:

Post a Comment